CEDAM Internasional yang merupakan nirlaba yangberbais di Amerika yang menaungi para penyelam dan didedikasikan untuk pelestarian serta penelitian kelautan pada tahun 1989 CEDAM mengumpulkan panel ilmuwan kelautan, termasuk Dr Eugenie Clark, untuk memilih daerah bawah air yang menurutnya layak untuk dilindungi.  Berikut beberapa 7 Keajaiban bawah laut, perairan dengan kekayaan bawah laut paling menakjubkan di dunia yang perlu dijaga kelestariannya.

1. Palau
​​​​​​​

Kembaran Raja Ampat ini merupakan salah satu lokasi penyelaman terindah di dunia. Berlokasi di Mikronesia, memanjang sejauh 800 kilometer hingga perairan Filipina. Meliputi 343 pulau tropis yang cantik dan berlimpah kekayaan alam. Jaringan terumbu karang di Palau terbentuk 2 juta tahun yang lalu. Keanekaragaman hayati di lautan Palau bisa di nikmati dengan mata telanjang hingga kedalaman 61 meter. beberapa titik yang paling terkenal di Pulau antara Blue Corner dan Rock Islands. Selain itu Palau juga memiliki danau unik yang dihuni jutaan ubur-ubur yang tidak menyengat.

2. Belize Barrier Reef​​​​​​​

Balize Barrier Reef adlah jaringan terumbu karang yang sangat menakjubkan yang berada di lepas pantai Karibia Atlantik Belize. Belize Barrier Reef adalah jaringan terumbu karang terbesar di belahan bumu barat dan terbesar kedua didunia. Sistem terumbu karang ini meliputi terumbu karang seluas 260 kilometer Mesoamerican Barrier Reef System. Tersusun atas formasi karang indah, jutaan ikan dan berbagai invertebrata unik. Karena keindahan bawah air dan ekosistemnya yang sangat menakjubkan, Beklize Barrier Reef dianggap sebagai salah satu keajaiban bawah laut dunia.

Salah satu titik terindah dari Belieze Reef Barrier adalah Lighthouse Reef. Disinilah Belize Blue Hole yang terkenal itu berada. Lubang bawah air dengan diameter 305 meter dan kedalam 122 meter itu merupakan salah satu lokasi penyelaman populer di Belize. ada juga Glover's Reef dan Emerald Forest yang tidak kalah indah.

3. Great Barrier Reef​​​​​​​

Konon Great Barrier Reef adalah satu-satunya organisasi kolektif yang bisa dilihat dari orbit bumi. Letaknya di pantai timur laut Australia. Area ini merupakan ekosistem karang terbesar di planet bumi.

Kawasn Great Barrier Reef meliputi sekitar 9.000 pulau yang sebagaian besar dikelilingi oleh 2.800 terumbu karang yang menempati area seluas 344.400 kilometer persegi. Setiap karang individu memiliki ukuran antara 1 sampai 10.000 hektar.

Disini bisa ditemukan nyaris spesies karang yang ada di dunia. Begitu juga dengan berbagai spesies hewan dan tanaman laut. ada sekitar 400 spesies karang, 1.500 spesies ikan, 4.000 jenis moluska, serta mamalia dan terptil yang terancam punah seperti penyu hijau atau dugong. Perairan Great Barrier Reef bagaikan taman laut dengan koleksi biota terlengkap dan paling penuh warna. tidak heran jika tempat ini populer sebagai lokasi scuba diving.

4. Deep Sea Vents​​​​​​​

Deep sea vent atau ventilasi laut dalam juga dikenal sebagai ventilasi hidroternal. BErupa cerobong-cerobong di dasar laut yang menyemburkan air panas layaknya geyser. Ada beberapa zona deep sea vents yang ada dimuka bumi. Salah satu yang paling banyak dipelajari adalah ventilasi laut dalam di bagian timur Kepulauan Galapagos.

Ventilasi hidrotetrmal biasanya terbentuk diantara dua lempengtektonik divergen. Keadaa ini menciptakan energi panas bumi masif, menyemburkan air laut yang dikeluarkan dengan tekanan dan suhu tinggi. Kadang semburan airnya berwarna kelabu pekat seperti asap, sehingga disebut black smoker.

Satu lagi keinstimewaan deep sea vents adlah kemampuannya untuk menopang ekosistem tanpa sinar matahari yang terbentuk di sekitarnya. Energi yang dihasilkan oleh cerobong-cerobong itu merupakan makanan utama  bagi bakteri tirofesik. Bakteri ini kemudian menjadi makanan utama bagi spesies hewan dan tumbuh di laut dalam.


5. Kepulauan Galapagos ​​​​​​​

Kepulauan Galapagos terkenal brekat ilmuwan Charles Darwin yang mengunjungi pulau-pulau disana pada abad 19. Namun tanpa kehadiran Teori Evolusi Darwin pun Galapagos tetap kepulauan yang sangat menarik dan menakjubkan.

Galapagos adlah rumah bagi beberapa satwa liar yang paling mengesankan di dunia. Galapagos adlah rumah dari beragam spesies endemik seperti singa laut, penguin lokal, kura-kura Galapagos, kura-kura hijau Galapagos, lumba-lumba, burung tekukur vampir, Iguana laut, kadal lava, paus , dan hiu. Tanaman Galapagos Scalesia endemik, pohon pakis, bromelia, dan anggrek juga menjadi ciri khas Galapagos. Masih ada pula burung-burung unuik yang sulit ditemui di tempat lain.

Selain itu Galapagos tidak tersenuth manusia. Sehingga keindahan alamnya senantiasa terjaga selama ribuan tahun.


6. Danau Baikal

Danau baikal yang ada di Serbia merupakan danau tertua, terdalam, dan terjernih di dunia. Sebagian cadangan air bersih bumi berasal dari sini. Selain dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia, Baikal juga menjadi bagian Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau yang berusia 25 juta tahun ini memiliki kedalaman hingga 1.642 meter. Saat musim dingin, permukaan airnya membeku dan menjadikannya objek wisata populer bagi wisatawan. Bahkan di saat seperti ini pun, Danau Baikal terlihat menakjubkan. Wisatawan bisa melihat ikan-ikan dan tanaman air yang hidup di bawahnya hingga kedalaman 40 meter.


7. Laut Merah Utara​​​​​​​

Bagian utara Laut merah disebut-sebut sebagai surga bawah air, salah satu tempat terindah di muka bumi. Bahkan ada pula yang menyebutnya taman Eden dibawah air.

Laut Merah Utara berupa selat yang berukuran sekitar 1900 kilometer dengan kedalaman sekitar 500 meter. Airnya terkadang berubah  sedikit merah saat jumlah alga merah melonjak drastis.

Wilayah Laut Merah Utara termasuk pantai Yordania, Israel, Arab SAudi dan Eritrea. Laut Merah Utara dikelilingi oleh pantai bergurun pasir yang merupakan salah satu hamparan pasir terbesar di dunia.